8.Kelembagaan Corporate Social Responsibility CSR di Wilayah Pertambangan

8. KELEMBAGAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)

DI WILAYAH  PERTAMBANGAN

Murdiyanto

Staf Ahli Pusdi Reklatam,Fakultas Ekologi Manusia, IPB

ABSTRAK

CSR sangat penting di terapkan perusahaan pertambangan, dalam kerangka keberlanjutan operasional perusahaan dan mengamankan investasi jangka panjang. Meskipun perusahaan memiliki kekuatan hukum (kontrak karya maupun PKP2, dari ESDM dan Ijin Pinjam Pakai dari Departemen Kehutanan) namun dalam beberapa hal memperoleh gangguan/klaim (ganti rugi) yang sulit dipecahkan, apalagi terkait dengan isu lingkungan hidup.

Perusahaan harus mengoordinasikan dan mengaktifkan peran antar depertemen terkait dengan safety-health and environment departement memprogramkan CSR yang diimplementasikan melalui pemberdayaan masyarakat.

Implementasi CSR oleh perusahaan tambang dapat dilakukan secara bertahap dengan memerperhatikan wawasan pemahaman masyarakat terhadap perusahaan, tingkat tekanan (tuntutan) akan kompensasi atas dampak negatif operasional tambang dan kesiapan manajemen.

Tripple Bottom Line (profit, people and Planet) yaitu keseimbangan antara menciptakan keuntungan, harus seiring dan sejalan selaras dengan fungsi-fungsi sosial dan pemeliharaan lingkungan hidup demi terwujudnya pembangunan yang berkesinambungan. Tiga hal dasar (pondasi) kepentingan dalam penerapan program CSR sebagai suatu upaya menciptakan kesinambungan operasional perusahaan (perusahaan memperoleh keuntungan), masyarakat sekitar memperoleh manfaat sosial ekonomi  dan kelestarian lingkungan/sumberdaya alam tercipta.

Sehingga realisasi program SCSR dalam bentuk pengembangan masyarakat (Community Development) diarahkan untuk tiga tujuan antara lain : 1. Menciptakan hubungan positif antara perusahaan dan masyarakat sekitar tambang; 2. Masyarakat dapat merasakan manfaat langsung atas hadirnya perusahaan tambang; dan 3. Membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan masyarakat  sekitar wilayah operasional tambang.

Comments are closed.