Kegiatan pertambangan dengan teknik penambangan terbuka (open pit mining) telah menyebabkan perubahan bentang alam, yang meliputi topografi, vegetasi penutup, pola hidrologi dan kerusakan tubuh tanah. Untuk mengembalikan fungsi ekologis, ekonomi dan sosial dari lahan tersebut, maka lahan bekas tambang perlu segera direklamasi. Keharusan untuk melakukan reklamasi pada lahan-lahan bekas tambang tertuang dalam UU No. 4/2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara dan Permen ESDM No. 18/2008 tentang Reklamasi dan Penutupan Tambang.

Reklamasi lahan bekas tambang merupakan kegiatan yang memerlukan keterlibatan berbagai disiplin ilmu. Sehubungan dengan itu untuk membantu meningkatkan keberhasilan reklamasi lahan bekas tambang, para pakar berbagai disiplin ilmu di IPB yang terkait dengan kegiatan reklamasi lahan telah bergabung dalam satu pusat studi yang dinamakan Pusat Studi Reklamasi Tambang atau disingkat Pusdi REKLATAM. Pusat ini didirikan berdasarkan SK Rektor IPB No. 093/13/OT/2008 dan merupakan salah satu pusat studi di bawah naungan LPPM – IPB yang berkeinginan kuat untuk berkonstribusi nyata, terutama dalam hal :

  1. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang reklamasi lahan bekas tambang.
  2. Pengembangan jejaring dengan lembaga pendidikan, penelitian dan lembaga pemerintahan serta dunia usaha, terutama usaha pertambangan.
  3. Pengembangan peluang untuk menyediakan ruang pendidikan bagi mahasiswa, dan
  4. Pengembangan peluang untuk meningkatkan revenue bagi Institut Pertanian Bogor.

Pusdi REKLATAM mempunyai fungsi untuk melakukan kajian reklamasi lahan bekas tambang dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan pertanian serta pengembangan tanggung jawab sosial (social responsibility) untuk mendukung pembangunan berkelanjutan (sustainable development), khususnya di lingkungan pertambangan.

Pusdi REKLATAM didukung oleh tenaga ahli berbagai disiplin ilmu yang berpengalaman, fasilitas peralatan yang memadai serta pengelolaan administrasi dan manajemen yang efektif, sehingga memberikan kualitas yang terbaik dalam pelayanan jasa yang ditawarkan.

Kami berharap penjelasan singkat ini dapat memberikan gambaran yang memadai tentang kinerja dan potensi pusat studi kami sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan yang baik dari para pemangku kepentingan. Terimakasih.