Ruang lingkup kegiatan Pusdi REKLATAM adalah melakukan studi atau kajian tentang kegiatan tambang, baik pada masa sebelum operasi, pada saat operasi, maupun pasca penutupan tambang.

Adapun fokus utama kegiatan Pusdi REKLATAM adalah:

  1. Merumuskan teknologi yang diperlukan untuk reklamasi lahan tambang sesuai dengan karakteristik batuan, mineral, tanah, iklim dan parameter lingkungan yang lain.
  2. Merumuskan sistem kelembagaan yang memadai sesuai dengan karakteristik masyarakat yang berkaitan dengan reklamasi lahan tambang.
  3. Merumuskan desain tataruang penggunaan lahan tambang sesuai dengan karakteristik lahan dan rencana pemanfaatan lahan pasca tambang.
  4. Menyelenggarakan kegiatan reklamasi lahan tambang.
  5. Menyelenggarakan penelitian dan kajian di berbagai bidang ilmi-ilmu yang berkaitan dengan reklamasi lahan tambang untuk mendukung keberhasilan reklamasi lahan bekas tambang.
  6. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia yang bergerak dalam usaha reklamasi lahan bekas tambang.
  7. Melakukan pelatihan kegiatan pemberdayaan masyarakat/CSR (corporate social responsibility) di sekitar lokasi tambang
  8. Menyelenggarakan kegiatan simposium, seminar, workshop dan koloqium untuk pertukaran ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam reklamasi lahan bekas tambang.
  9. Melakukan studi lingkungan terkait dengan kegiatan tambang.
  10. Melakukan seminar dan pelatihan penyusunan dokumen rencana penutupan tambang dan pasca tambang.