Workshop Reklamasi dan Pemanfaatan Lahan Bekas Tambang: Menuju “Tambang Hijau”

Pada Kamis, 6 Juni 2024, Pusat Studi Reklamasi Tambang bersama Yayasan Alumni Mineral dan Batubara (IkaMinerba) mengadakan Workshop Reklamasi dan Pemanfaatan Lahan Bekas Tambang dengan tema “Menuju Tambang Hijau” di IPB International Convention Center. Kegiatan ini menghadirkan para ahli di bidang pertambangan dan lingkungan hidup yang berbagi pengetahuan serta pengalaman mengenai reklamasi lahan pasca tambang. Tujuan utama workshop adalah mengatasi tantangan dalam mengubah lahan bekas tambang menjadi area yang produktif dan ramah lingkungan.

Rangkaian Kegiatan Workshop

Workshop ini berjalan dengan lancar dan mencakup beberapa kegiatan, seperti pembukaan oleh MC, pembacaan doa ayat suci Al-Qur’an, serta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah serangkaian kegiatan pembukaan, acara berlanjut dengan sambutan. Pertama, Ketua Panitia Penyelenggara, Ir. Alino Budi Rahardjo, MT., memberikan sambutan resmi. Selanjutnya, Ir. Tonny Gultom, IPU, Asean Eng, selaku Ketua Dewan Pengawas Forum Komunikasi Pengelolaan Lingkungan Pertambangan Indonesia (FKPLPI), menyampaikan sambutannya. Setelah itu, Dr. Ir. Suwardi, M. Agr, yang mewakili Rektor IPB, memberikan sambutan terakhir. Selanjutnya, pembicara utama, Bapak Sunindyo Suryo Herdadi, S.T., M.T., Direktur Teknik dan Lingkungan Minerba, menyampaikan pesan kunci dalam acara inti.

Materi dan Sesi Tanya Jawab

Bapak Endy Thorino Juanda, S.T., M.Si dari Direktorat Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara memulai sesi 1 dengan menyampaikan materi mengenai Kebijakan Minerba di bidang Lingkungan Pertambangan. Setelah sesi tanya jawab, Bapak Suhernomo dari PT. Adaro Indonesia memulai sesi 2 dengan menyampaikan materi tentang Lesson Learned Reklamasi Tambang di PT. Adaro Indonesia. Sesi ini kemudian diikuti dengan tanya jawab. Setelah itu, Prof. Dr. Sri Wilarso Budi, Ketua Program Pusat Studi Reklamasi Tambang, mengambil alih peran sebagai moderator. Beliau memandu penyampaian materi untuk sesi 1 dan 2.

Setelah istirahat, sholat, dan makan (ishoma), Dr. Ir. Suwardi, M.Agr, Kepala Pusat Studi Reklamasi Tambang, memulai sesi 3. Dalam sesi ini, beliau menjelaskan materi tentang Perhitungan Cadangan Karbon pada Lahan Bekas Tambang. Selanjutnya, acara berlanjut dengan sesi tanya jawab.

Selanjutnya, Bapak Ismail, ST, MM, Health Safety Security & Environment Division Head PT Aneka Tambang, Tbk., memulai materi sesi 4 mengenai Reklamasi di PT Aneka Tambang, Tbk. Setelah itu, sesi tanya jawab diadakan untuk mendalami materi yang telah disampaikan.

Setelah sesi 4 selesai, Dr. Ir. Iskandar, Dosen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan IPB, memulai penyampaian materi tentang Teknologi Revegetasi pada Lahan Bekas Tambang Nikel menuju Tambang Hijau. Kemudian, untuk mengakhiri rangkaian sesi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Dr. Ir. R.A. Dyah Tjahyandari Suryaningtyas, M.Appl.Sc, Dosen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan IPB, memoderatori materi sesi 3, 4, dan 5. Setelah kegiatan inti selesai, Ir. Simon F. Sembiring, praktisi pertambangan, merumuskan hasil workshop, dan Dr. Ir. Suwardi, M. Agr menutup acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *